KSL I-TECH Goes To Indonesia Linux Conference

Untitled 3 STTI I-TECH yang diwakili oleh 7 Mahasiswa berkesempatan menghadiri acara pembukaan ILC (Indonesia Linux Conference) di aula Politeknik Harapan Bersama, Tegal, 10 Oktober 2015, pkl. 10.30. Pembukaan tersebut berlangsung secara meriah dan ramai karena dihadiri oleh berbagai komunitas, beberapa diantaranya yaitu perwakilan dari KOMINFO yang berbicara tentang “Peran Serta Pemerintah dalam meningkatkan kreatifitas industri informatika”. Selain itu hadir pula Bpk. Rusmanto Maryanto yang berbicara mengenai “Perkembangan Open Source di Indonesia”.

Acara selanjutnya, pkl. 12.30 merupakan seminar/kelas paralel sesi pertama. Disana telah disediakan 5 kelas seminar yang dibawakan secara serentak oleh 5 pembicara yang berkompeten dibidangnya. Para peserta diberikan kesempatan untuk memilih diantara kelima materi seminar, sebagai berikut :

  1. Masim Vavai Sugiarto mengenai “Implementasi Mail Server dengan jumlah User Puluhan Ribu Account pada Berbagai Lembaga & Perusahaan Besar”,
  2. Andi Sugandi “Koha : Sistem Perpustakaan Terintegrasi”,
  3. Ahmad Haris “Promoting Gnome”,
  4. Dedy Haryadi “Mengenal Mobile Forensic”,
  5. Rendy Maulana Akbar “IT Enterpreuneur”.

Pkl. 14.30, dilanjutkan seminar/kelas paralel sesi kedua dengan tema dan pembicara, sebagai berikut :

  1. Anjar Hardiena “Linux di Dunia Cloud Computing”,
  2. Hendrawan “Hacking Ethic”,
  3. Ibnu Yahya “IGN Internet of Things”,
  4. Andi Hidayat “Introduction to Webserver on Free BSD”,
  5. Kukuh Syafaat “Bermain Musik dengan Linux? …Bisa…”.

UntitledPada kesempatan ini, Ibnu Yahya membawakan materi tentang “IGN Internet of Things”, beliau membuat suatu embedded system dengan menggunakan perangkat keras bernama raspberry pi. Dengan alat ini beliau memperagakan pembuatan sensor on-off serta pengimplementasiannya secara langsung.

Dengan cara pembawaannya yang humoris membuat suasana seminar tidak terlalu kaku. Beliau menjelaskan, dengan bantuan IGN IoT (IGN Arm + IGNSDK IoT + Shark.IO) kita sudah dapat membuat sebuah IoT Project. Salah satunya ketika beliau menampilkan sebuah tank yang dijalankan melewati smartphone, tank tersebut dijalankan dengan HTML5.

Setelah seminar/kelas paralel telah selesai, pkl. 17.30 anggota KSL I-TECH bersama dua orang KPLI (Komunitas Pencinta Linux Indonesia) Jakarta bersiap menuju guci. Sesampainya di guci pkl. 19.30, mereka diberikan kesempatan untuk rehat sejenak serta makan malam.

Kemudian pkl. 21.00, seluruh komunitas dan kelompok berkumpul pada rapat KPLI Meeting dan penutupan ILC 2015 yang dipimpin oleh Anjar Hardiena, Rusmanto Maryanto dan perwakilan dari KOMINFO untuk membahas mengenai bagaimana kelanjutan kegiatan ILC kedepannya. Mahasiswa STTI I-TECH berinteraksi dengan para pecinta-pecinta linux lainnya, membahas tentang nama ILC dan kelanjutan dari kegiatan ILC kedepannya.

Disana hadir pula perwakilan dari KPLI Kendari, selain itu ada pula Andi Hidayat, Ahmad Haris, Pak Iwan dan masih banyak lagi. Selain itu, perwakilan dari KPLI Kendari juga ikut serta dalam kegiatan tersebut, mereka datang karena mempunyai peran penting disana, yaitu membahas mengenai rencana yang telah ditetapkan sebelum rapat yaitu ILC 2016 yang akan diadakan di Kendari.

Akan tetapi pada rapat kali ini rencana tersebut diubah, ILC 2016 akan diadakan di Ibu Kota DKI Jakarta serta nama dari Indonesia Linux Conference pun akan diubah. Peserta yang hadir pada rapat KPLI Meeting tidak hanya pecinta linux dari wilayah Jabodetabek, akan tetapi ada pula yang hadir dari Gorontalo dan sebagainya.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Mahasiswa I-TECH serta peserta ILC lainnya, karena secara langsung mereka dapat bertemu dan berinteraksi dengan berbagai komunitas. Selain itu kegiatan ini juga dapat menambah wawasan, pengalaman kepada para peserta serta menambah link pertemanan karena pesertanya dari berbagai komunitas KSL di seluruh Indonesia.смм продвижениеполировка зубов этодля самых маленькихноми телефоны купитькак сделать контекстную рекламу в гуглечто делать если взломали в вкблютуз гарнитурагде бесплатно разместить рекламу