Saingi Facebook, Google Luncukan Aplikasi Berita ‘Google Feed’

MENLO PARK – CEO Google Sundar Pichai mengungkapkan bahwa ia ingin menawarkan Google yang dipersonalisasi kepada semua orang yang berinteraksi dengan layanan perusahaan.

Mesin pencarian raksasa tersebut akan mengambil langkah besar untuk mewujudkan visi yang ia miliki yakni dengan meluncurkan Google Feed.

Saingi Facebook, Google Luncukan Aplikasi Berita 'Google Feed'Google Feed merupakan aplikasi agregasi artikel berita, video, dan tautan yang disesuaikan untuk pengguna individual yang akan dikirimkan melalui aplikasi Google untuk perangkat iPhone dan Android.

Nama dari Google Feed memang sangat mirip dengan umpan berita merek dagang milik Facebook, yang merupakan tempat jutaan pengguna jejaring sosial untuk mendapatkan update terbaru dari teman mereka dan tentang dunia pada umumnya. Mengingat bahwa Facebook adalah saingan terbesar Google di kedua video online dan iklan online, tak heran raksasa pencarian tersebut menawarkan versinya sendiri dan tentunya jauh berbeda dengan apa yang dimiliki oleh jejaring sosial raksasa milik Mark Zuckerberg tersebut.

Sebuah perbedaan terdapat di mana umpan berita Facebook sebagian besar bergantung pada tautan yang di-posting oleh teman pengguna. Sedangkan Google Feed didukung oleh algoritma semua perusahaan dan semua data dikumpulkan pada pengguna individual. Google sudah memiliki pegangan yang cukup bagus untuk hal-hal yang pengguna cari secara online.

“Ini bukan tentang apa yang diminati teman Anda, seperti makanan lain,” kata VP Teknik Ben Gomes dari Google.

Perbedaan yang lebih menonjol adalah Google Feed tak akan menayangkan iklan. Hal ini bukan yang pertama Google menawarkan umpan berita. Google Feed pada dasarnya adalah versi upgrade dari Google Now, yang telah beroperasi sejak 2012.

Seperti Google Now, Google Feed dirancang untuk menjadi toko satu atap yang memungkinkan pengguna mengetahui apa yang ia butuhkan. Misalnya, saat pengguna memesan perjalanan ke London, maka akan ikut muncul beberapa rekomendasi tempat yang harus dikunjungi saat berada di kota Inggris tersebut.

Meski awalnya Google menawarkan Feed hanya melalui smartphone, namun nantinya mereka akan berencana untuk menyematkan pada versi web untuk pengguna PC. Demikian dilansir dari Business Insider,

(source:http://techno.okezone.com/read/2017/07/19/207/1740171/saingi-facebook-google-luncukan-aplikasi-berita-google-feed?utm_source=techno&utm_medium=techno_box&utm_campaign=breaking)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *